Minggu, 30 Desember 2012

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Thread ini merupakan lanjutan threadOld Serapium Catalogueyang terhempas badai akibat perpindahan dari old kaskus ke new kaskus.

Quote:Quote:TIPS MEREVIEW BUKU

Quote:Mereview buku pada dasarnya adalah kegiatan mengulas, menilai, menganalisa, mengapresiasi atau mengkritisi buku secara keseluruhan. Penilaian tidak terfokus hanya pada isi, tetapi juga pada penampilan fisik. Jadi yang paling utama dalam mereview buku bukanlah terletak pada seperti apa isi buku, melainkan bagaimana pandangan kita terhadap buku. Namun ada lima unsur yang harus diperhatikan dan tercantum dalam review kita :


  • Anatomi awal buku. Minimal memuat judul, penulis, penerbit, harga dan tebal buku. Dari sini pembaca akan mendapat gambaran umum buku yang sedang direview.



  • Judul yang menarik. Dalam setiap tulisan, judul selalu menjadi pemikat pertama seseorang melanjutkan membaca tulisan itu atau tidak.



  • Garis besar isi buku. Memuat gambaran umum tentang isi buku yang sedang direview sehingga pembaca memiliki gambaran mengenai isi buku tersebut.



  • Penilaian terhadap isi buku. Ini adalah poin paling penting. Penilaian ini bisa berupa substansi isi yaitu kelebihan dan kekurangan buku. Lebih bagus lagi jika dibandingkan dengan buku sejenis. Sedangkan penilaian terhadap sampul buku meliputi kualitas kertas, layout, dsb. Dan tidak menutup kemungkinan juga penilaian dalam bentuk kualitas cetak seperti ukuran huruf, jenis kertas, editing, dsb.



  • Dan yang terakhir adalah manfaat buku bagi pembaca. Penulis diharapkan memberi gambaran kepada pembaca mengenai manfaat dari membaca buku tersebut.





Selamat mereview dan berdiskusi tentang buku-buku favorite kalianSmilie



INDEX REVIEW KASKUSER

NAMA PENULIS


A

Agus Setiawan
Art of Reading, The

Alief Bakhtiar
Mutiara Kehidupan Berbalut Salju

Arief Muhammad
pocongkkkkkgg Juga pocongkkkkkgg

E

Eoin Colfer
Artemis Fowl #5 : And The Lost Colony

M

Madi Omdewo
99 Antologi Becakan

Mitch Albom
Timekeeper

Meg Mullins
Rug Merchant, The

O

Okky Mandasari
Entrok

P

Paul Arden
God explain in a Taxi Ride

R

Robert L. Wolke
Einstein Aja Gak Tau! Penjelasan Ilmiah Tentang Peristiwa Sehari-hari

S

Stephanie Zen
Perhaps You

V

Valiant Budi
Kedai 1001 Mimpi

Y

Yohanes Surya
Tofi: Perburuan Bintang Sirius

Yunisa K.D.
Memory and Destiny

Last Checked: 29/10/2012
Post: #47

Tidak ada komentar:

Posting Komentar