Rabu, 02 Januari 2013

KENAIKAN TDL (TARIF DASAR LISTRIK) DINILAI MEMBOHONGI PUBLIK


KENAIKAN TDL (TARIF DASAR LISTRIK) DINILAI MEMBOHONGI PUBLIK 1

Anggota Komisi II DPRD Kepulauan Riau, Rudy Chua, menilai kenaikan tarif dasar listrik sebesar 15 persen pada 2013 yang dibagi per triwulan cuma membohongi publik.

"Publik dibohongi, karena setelah kami kaji dan hitung, maka kenaikan TDL untuk rumah tangga pengguna listrik 1.300 VA ke atas, rata-rata kenaikan 6,5 persen per tiga bulan atau 26 persen per tahun, bahkan bisa 30 persen lebih," kata Rudy di Tanjungpinang, Minggu.

Menurut Chua, Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 30/2012 tentang Kenaikan Tarif Dasar Listrik yang dikeluarkan pada 21 Desember 2012 itu masih perlu dikaji lagi meski untuk rumah tangga yang menggunakan listrik 450 VA dan 900 VA tidak terjadi kenaikan.

Selain itu, penyampaian pemerintah mengenai kenaikan rata-rata 4,3-4,5 persen per tiga bulan atau sekitar 15 persen selama 2013 adalah TDL terendah yang berlaku bagi industri, sedangkan untuk rumah tangga pengguna 1300 VA keatas kenaikan TDL mencapai 26 persen bahkan bisa mencapai 30 persen.

"Hingga saat ini, masyarakat juga belum mendapatkan sosialisasi dari pemerintah, PLN hanya menyampaikan secara ringkas kenaikan TDL 15 persen, ini adalah kenaikan terendah, bukan kenaikan selama 2013," ujarnya.

"Ketertutupan informasi ini yang kami sayangkan, apalagi tidak ada sosialisasi dari PLN," ujarnya.

Selain itu, meski rumah tangga penggunan listrik 450 VA dan 900 VA tidak mengalami kenaikan TDL, akan tetap terkena imbasnya, karena pengusaha akan membebankan biaya produksi setelah TDL naik kepada konsumen atau masyarakat.

"Tentu si pengusaha akan membebankan kepada masyarakat kecil lagi, konsumen akan kena dampak besar dari kenaikan TDL itu," katanya. (*)


NARASUMBER


Quote:Ane udah bingung harus ngomong apa lagi soal kayak gini.....Cape d... (S)Cape d... (S)
Tiap tahun begini melulu...Menurut agan2 sendiri ?


pln mah alasannya pasti klasik ( rugi ) kalau mau subsidi aja pembangkit listrik di tiap rumah.

selalu merugi dgn kenaikan TDL??? Meragukan deh kinerjanya...

PLN mah alasannya pasti klasik


aneh juga PLN..monopoli urusan listrik diseluruh Indonesia tapi kok merugi mulu yah...mungkin mereka harus memikirkan memperbaiki kinerja dari dalam dulu, jangan langsung membebankan masyarakat


coba kajian pemerintah dan kajian masyarakat disajikan secara ilmiah kepada rakyat Indonesia.....siapa yang lebih goblok kajiannya????Ngakak

makin goblok makin berhak maju ke pilpres 2014Ngakak

BUMN plg ancur senusantara... secara logika aneh pln bisa merugi terus.
tanya kenapa? *korupsi*Cape d... (S)


Quote:Original Posted By Kurani â–º
BUMN plg ancur senusantara... secara logika aneh pln bisa merugi terus.
tanya kenapa? *korupsi* Cape d... (S)


Yakin ente, gan ?? Kan dulu dibawah naungan nya Dahlan Iskan katanya PLN makin maju dan makin bersih lhooooooo............Cool

Apa karena diperah dan diperes DPR kali yaah....?


Ngaku Rugi muLuh.
Nepu Lah itu

hadiah tahun baru TDL naik

Tiap taon naek tp ga ad perbaikan ckck

dari dulu gua heran, apanya sih yg bikin listrik makin mahal....? jgn2 kyak buruh lagi.... pada minta naek gaji....

emang dari sejak dibentuk dulu dah rugi =.=

gak ada sejarahnya PLN lepas dari subsidi

sebenernya yang bego ya .... yang kasih subsidi dulu, rakyat indonesia jadi terbiasa manja dan boros energi,

yah.. klise alesannya kalau rakyat indonesia boros energi, itu sesuatu hal yang berbeda terkait dengan hemat listrik. yang jadi masalah disini adalah PLN rugi karena mesti pake BBM untuk mesin pembangkit listriknya. padahal banyak banget sumber energi lain yang lebih murah,misalnya gas. tahu nggak agan2 ini blok tangguh di papua diberikan secara murahan kepada Inggris dengan tukar gelar Knight ke SBY. hasilnya yang menderita ya rakyat lagi.

terus ada lagi tiap tahun kita ekspor gas ke Korea, China dengan sangat murah bahkan negara rugi ratusan trilyun per tahun. oh come on. hal ini karena memang pejabatnnya ga amanah, tidak mengusahakan sekuat tenaga untuk melayani rakyatnya. dan hal ini didukung oleh sistem yang memang menganggap bahwa orang2 (baik swasta asing/nasional) boleh mengelola barang tambang. agan2 pernah liat gambar peta Indonesia yang terdapat blok2 berbenderakan negara asing? yah, itu gambaran kbahwa negeri ini masih dijajah!.

think systematically!

apa sih yg kaga DIKIBULIN ama pemerintah? EEK!:

eh, ada om gayus,...


dari yang saya perhatikan di forum2 beginian bayaknya caci maki melulu. mari kita sama2 memikirkan solusinya supaya kita ga dikibulin terus sama pemerintahSmilie

nyatanya pegawainya hidup bermewah mewah
kenaikan PLN jelas karena korupsi
walau bilang inefisiensi kek kalo disengaja terus menerus sama saja korupsiiiii

Agan bingung? nih ane kasi jawabannyaBig Grin

KENAIKAN TDL (TARIF DASAR LISTRIK) DINILAI MEMBOHONGI PUBLIK 12

maka nya jgn pke BBM pembangkit nya
tiap buln naik tiap buln naek gaji ngk pernah naek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar